Sistem Sedang Down ?

Lemot nih... Pertolongan pertama ketika server down / lemot ?

Down system merupakan hal yang lumrah terjadi ketika banyak user yang menggunakan LMS di waktu yang bersamaan. Namun terkadang beberapa laporan tidak benar-benar terindikasi server down, bisa saja sistem tidak bekerja untuk device client saja.

Untuk mengetahui down hanya di sisi client ataukah di sisi server, cobalah mengecek apakah down hanya di sebagian device atau di semua device. Jika terjadi di hanya salah satu / sebagian device, kemungkinan besar down hanya di sisi device client.

Berikut adalah pertolongan pertama untuk mengatasi sistem yang lemot dari sisi device client:

  • Pastikan jaringan client terhubung dengan internet. Coba ganti jaringan agar bisa membedakan apakah provider jaringan tersebut sedang down untuk LMS Dibimbing atau tidak.

  • Pastikan tidak ada extension pada browser yang menghambat fungsionalitas website. Cobalah membuka LMS Dibimbing menggunakan tab samaran untuk menemukan apakah ada extension yang terindikasi menghambat fungsionalitas.

  • Laporkan kejadian pada grup Lapor BUG, terutama jika terdapat suatu perilaku aneh pada website. Lampiran screenshot atau recording bisa saja membantu kami dalam troubleshooting permasalahan.

Jika down berasal dari sisi server, segera laporkan ke grup lapor bug. Server down mengharuskan Tim Tech untuk mengecek keadaan server untuk beberapa saat. Jika keadaan webapp masih belum memungkinkan untuk digunakan, cobalah beroperasi di luar platform webapp dibimbing (seperti WhatsApp atau Google Sheet) dan gunakan webapp ketika sudah tidak down lagi.

Terimakasih dan semoga membantu!

Halaman ini juga mewakili pertanyaan: server down, client down, halaman tidak bisa diklik sama sekali, gabisa login.

Last updated